BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA



Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

Rekan Netter ...

Prospek Bisnis online di bidang penjualan tiket pesawat masih sangat besar peluangnya, selama perusahaan penerbangan masih ada dan dunia pariwisata terus berkembang, bisnis tiket tiket pesawat masih layak untuk dipertimbangkan, hal yang perlu diperhatikan adalah menjamurnya pusat penjualan tiket dimana – mana, sehingga daya saing semakin tinggi, perlu suatu terobosan yang inovatif agar tetap bersaing sehat. Ini lah yang menjadi pertimbangan birotiket.com sehingga membuka peluang bisnis online menjadi biro tiket pesawat secara online dengan modal sedikit tetapi hasil yang sangat luar biasa..



KEUNTUNGAN APA SAJA YANG AKAN ANDA DAPATKAN ?

1. Proses reservasi / booking bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja di seluruh wilayah Indonesia.

2. Data yang transparan langsung dari airline.

3. Proses reservasi langsung dilakukan dari sistem airline.

4. Anda bisa mencetak sendiri tiket anda dan penumpang anda bisa langsung terbang.

5. Pembayaran melalui transfer bank sehingga bisa lebih cepat dan akurat.

6. Anda bisa menjual kembali tiket tersebut kepada orang lain dengan harga pasar.

Selain beberapa keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang akan anda dapatkan jika bergabung bersama kami, selengkapnya silahkan klik disini

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA


Bergabung? silahkan klik disini

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Sering Tumbang, Ahli Cek Pohon di Jakarta

Posted: 02 Feb 2012 09:24 PM PST

pohon tumbang timpa mobil (VIVAnews/Tri Saputro)

Koran Baru – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan tes kondisi pohon guna mencegah terjadinya pohon tumbang yang diakibatkan angin kencang.

Tes ini dilakukan melalui kecepatan rambat gelombang suara ultrasonik di tiga lokasi, di antaranya di depan gedung Balaikota DKI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Teuku Umar dan Jalan Pattimura.

Dalam tes tersebut, pada masing-masing lokasi diambil dua pohon yang dinilai sudah keropos untuk dites kondisinya. Hasil tes di Jalan Medan Merdeka Selatan, dari dua pohon yang diuji, satu di antaranya akan ditebang karena kondisi keroposnya sudah mencapai 70 persen.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distamkam) DKI Jakarta, Catharina Suryowati, mengatakan pihaknya secara rutin melakukan tes kondisi kekeroposan batang terhadap pohon-pohon yang dinilai rawan tumbang. Kali ini bekerjasama dengan Tim Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Saat ini kami melanjutkan tes kondisi kekeroposan batang pohon terhadap pohon yang dicurigai berbahaya dan letaknya di lokasi strategis, seperti di jalan-jalan protokol," kata Catharina di Jakarta, Jumat, 3 Februari 2012.

Pohon yang akan ditebang letaknya terdapat di depan gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Pohon asem ini memang yang termasuk rawan tumbang. Kemarin kami sudah lakukan penebangan rantingnya. Sekarang setelah dipastikan sangat keropos sekali, maka kami putuskan pohon ini ditebang daripada membahayakan pelalu lintas di jalan raya ini," ujar dia.

Rencananya, penebangan pohon asem tersebut akan dilakukan pada Sabtu, 4 Februari 2012. Penebangan pohon dilakukan di luar hari kerja, untuk menghindari kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi. Sehingga penebangan tidak akan mengganggu lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sebelumnya, tes kekeroposan pertama kali dilakukan terhadap pohon asem di sebelah kiri, depan gedung Balaikota DKI. Tim dari IPB mengebor batang pohon setinggi 20 sentimeter di dua sisi berseberangan.

Setelah itu, dimasukkan alat transfuser yang merupakan alat pendeteksi kecepatan gelombang suara. Hasilnya, kedua sisi pohon tersebut menghasilkan kecepatan rambat gelombang suara ultrasonic sebesar 800 meter per detik dan 1.600 meter per detik.

Artinya, tingkat kekeroposan pohon ini hanya mencapai 20 persen, sehingga masih layak untuk dipertahankan dan tidak perlu ditebang.

Terhadap pohon asem tersebut, Catharina mengungkapkan tim dari Distamkam DKI Jakarta telah melakukan tes kekeroposan batang pohon secara manual. Hasilnya, pohon tersebut sudah rawan tumbang dan sangat keropos, sehingga harus ditebang.

"Tapi saya ingin mempertahankan pohon asem ini. Selain pohon ini termasuk pohon yang dilindungi, juga sudah berumur 50 tahun. Karena itu, sebelum mengambil keputusan, kami melakukan penelitian dengan melibatkan tim IPB yang menggunakan alat canggih," tuturnya.

Ternyata, dari hasil tes menggunakan alat silvatestduo ini, terbukti pohon asem hanya keropos 20 persen, sehingga masih bisa dipertahankan untuk tidak tebang, dengan melakukan penambalan batang dan pemangkasan ranting-ranting pohon, agar pohon tersebut semakin kuat.

"Dengan alat ini, kami bisa menentukan keputusan tidak sembarangan. Saya lega, karena tadinya ingin menebang pohon ini, tetapi dengan hasil tersebut, maka saya urungkan penebangannya," ucap dia.

Anggota Tim Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan IPB, Lina Karlinasari, mengatakan dari dua pohon yang diperiksa di Jalan Medan Merdeka Selatan, hanya satu pohon yang kondisinya sudah sangat parah. Yaitu pohon asem di depan gedung Perpustakaan Nasional.

"Pohon ini lebih parah kondisinya. Kecepatan rambat gelombang suara ultrasoniknya mencapai 400 meter perdetik dan 512 meter perdetik. Artinya, sudah terjadi pengeroposan di dalam. Sehingga harus ditebang daripada membahayakan orang yang melintasi jalan ini," kata Lina.

Dijelaskannya, jika kecepatan rambat gelombang suara ultrasonik dalam batang pohon di bawah 600 meter per detik, mengindikasikan pohon tersebut telah mengalami pengeroposan batang pohon sangat parah. Sedangkan jika kecepatan rambat gelombang suara mencapai diatas 1.800 meter per detik, maka kondisi batang pohon tersebut dalam keadaan yang sangat baik.

"Pada prinsipnya batang pohon hidup memberikan media pada rambat gelombang suara. Biasanya pohon sehat diatas 1.800 meter per detik. Ketika pohon itu ada lubang, jamur didalam dan terkena serangan rayap maka kecepatan rambatnya bisa dibawah 600 meter per detik," jelasnya. (eh)

FOTO: Mio Fino, Skutik ‘Valentine’ Yamaha

Posted: 02 Feb 2012 09:10 PM PST

Yamaha Fino (yamaha-motor.co.id)

Koran Baru – Yamaha Motor Indonesia sudah membuka pesanan skutik Mio generasi terbaru bergaya retro, Mio Fino, kepada calon konsumen pada hari ini, Kamis 2 Februari 2012.

Skutik yang mengusung tagline ‘Mio Fino, Fashionable Matic’ akan berada di dealer-dealer Yamaha pada Senin pekan depan. “Mulai hari ini sudah bisa dipesan. Cuma baru ada di market pada Senin pekan depan,” kata General Manager Marketing dan Promosi, Yamaha Motor Indonesia, Eko Prabowo, saat berbincang dengan VIVAnews.com.

Yamaha menawarkan tiga varian dari Mio Fino, yakni Sporty, Fashion, dan Classic. Untuk Mio Fino Sporty dan Mio Fino Fashion dilepas dengan harga Rp13,5 juta. Sedangkan Mio Fino Classic dipasarkan seharga Rp13,65 juta. “Mio Fino ini ready stock. Kami targetkan penjualan Mio Fino sebanyak 20 ribut unit per bulan,” ungkap Eko.

Eko menambahkan, Mio Fino yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan wanita yang ingin tetap cantik saat naik motor. Memang sengaja dirilis saat bertepatan dengan hari kasih sayang atau Valentine, Februari ini. Mio Fino diplot oleh Yamaha untuk menyasar segmen anak-anak muda khususnya wanita.  Lihat foto-fotonya di sini.

Fino sudah dilengkapi Automatic Headlight On (AHO), fule meter, speedometer, front pocket, CTV engine, dan tail light. Adapun dapur pacunya, Mio Fino dipersenjatai tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu melontarkan tenaga hingga 8,35 PS di putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 7,84 Nm di 7.000 rpm. Lihat spesifikasi detailnya di sini.

Skutik ini diharapkan mampu ‘menekan’ gerak Honda Scoopy, yang memang telah lebih dulu hadir di pasar motor Indonesia. Segmen skutik retro style saat ini menjadi kuda hitam dalam peta pasar otomotif nasional. Klik di sini untuk mengetahui keunggulan Mio Fino.

Oknum Aparat Tembaki 5 Warga di Rokan Hulu

Posted: 02 Feb 2012 08:57 PM PST

Koran Baru – Lima warga desa Batang Kumuh, kecamatan Tambusai, kabupaten Rokan Hulu, Riau, ditembak oknum aparat. Penembakan terjadi saat bentrokan antara warga Rokan Hulu dan pihak perusahaan terkait kasus lahan.

Saat ini kelima warga tersebut sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit umum daerah Rokan Hulu. Sebab, Puskesmas Tambusai tak sanggup menangani luka tembak yang dialami warga.

“Peluru masih bersarang di tubuh korban. Sekarang sedang dibawa ke RSUD Rohul,” ujar kuasa hukum warga, M Nasir Sihotang kepada VIVAnews, Kamis 2 Februari 2012. Timah panas dari senjata api itu bersarang di bagian kaki, paha, pantat dan perut.

Nasir menjelaskan, peristiwa bentrok ini terjadi sekitar pukul 11.00. Saat itu perusahaan asal Sumatera Utara, PT Mayzumah Agro Indonesia, mengerahkan alat berat ke lahan milik warga yang berada dalam wilayah Riau.

Namun, warga langsung menghalau upaya dari perusahaan tersebut. Warga menolak karena putusan pengadilan memenangkan gugatan warga. “Maka warga menolak alat berat itu masuk ke lahannya,” terang Nasir.

Saat itu perusahaan mengerahkan petugas keamanannya. “Rupanya ada juga aparat. Mereka melepaskan tembakan ke arah warga dan melukai lima orang,” katanya.

Mengenai peristiwa ini, Kapolres Rohul, AKBP Yudi Kurniawan, belum bisa dikonfirmasi mengenai masalah ini. Telpon genggamnya yang beberapa kali dihubungi, tidak diangkat.

Sementara Kasat Reskrim Polres Rokan Hulu, AKP Anthony Lumban Gaol membenarkan telah terjadi bentrok antara warga Rokan Hulu dengan perusahaan.

Cuma, ia belum bisa memastikan, apakah pelaku penembakan itu aparat Brimob atau bukan. “Belum dapat dipastikan,” ujar Anthony saat dikonfirmasi VIVAnews.com.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi mengenai hal ini Kabid Humas Polda Riau, AKBP S Pandiangan mengatakan kejadian tersebut silahkan dikonfirmasi ke Polda Sumatera Utara.

Menurutnya, kejadian tersebut berada dalam wilayah Polda Sumut. “Silahkan konfirmasi ke Polda Sumut,” katanya kepada VIVAnews. (ren)

Nikmatnya Tengkleng Gajah di Yogyakarta

Posted: 02 Feb 2012 08:43 PM PST

Masakan tengkleng identik dengan masakan berbahan baku tulang kambing. Kuliner tengkleng khas Solo (http://www.kratonpedia.com)

Vlog – Bagi orang yang tinggal di daerah Solo, Yogyakarta ataupun daerah Jawa Tengah lainnya, pasti sudah mengenal masakan yang namanya tengkleng. Dalam bahasa Jawa tengkleng berarti balung, atau tulang. Jadi masakan tengkleng identik dengan masakan berbahan baku tulang, umumnya yang digunakan adalah tulang kambing.

Ternyata Yogyakarta tidak hanya punya gudeg, di sana juga ada yg namanya “tengkleng gajah". Ternyata bukan tulang gajah yang disajikan, namun sepiring besar tulang kambing yang sudah matang beserta kuahnya. Jadi, sebetulnya kenapa dinamakan "tengkleng gajah" adalah karena porsinya yang besar dan tulang-tulangnya yang cukup besar.

Selanjutnya…

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Fakir Miskin Gugat UU Jaminan Sosial ke MK

Posted: 02 Feb 2012 08:35 PM PST

Sidang di MK (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

VIVAnews – Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) kembali digugat ke Mahkamah Konstitusi. Kali ini, gugatan diajukan oleh 14 orang, salah satunya fakir miskin. Para penggugat merasa UU ini tidak dapat memberikan jaminan sosial, khususnya kepada fakir miskin dan anak-anak terlantar.

“Kami menguji undang-undang ini karena merasa hak-hak konstitusi kami terabaikan, tidak terpenuhi atau minimal dikurangi karena adanya UU ini,” ujar pengacara para pemohon, Fathul Hadie Utsman, dalam sidang pemeriksaan pendahuluan di Gedung MK, Jakarta, Kamis 2 Februari 2012.

Meski sudah mengatur tentang jaminan sosial, UU SJSN ini dianggap tetap tidak bisa memenuhi hak-hak warga negara yang diatur konstitusi. “Untuk fakir miskin dan anak-anak terlantar hanya mendapat jaminan kesehatan saja,” kata Fatkhul Hadie.

“Itu pun bagi mereka yang sudah mendapatkan kartu jaminan kesehatan masyarakat miskin, kartu keluarga miskin atau sejenisnya. Bagi yang tidak dapat kartu tersebut jangan berharap mendapat layanan jaminan kesehatan.”

Aturan yang disoal oleh para pemohon di antaranya pasal 14 Ayat (1) dan penjelasannya, serta pasal 17 ayat (5). Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa fakir miskin secara bertahap akan didaftarkan oleh pemerintah untuk ikut suatu jaminan sosial. Selain pasal-pasal itu, masih banyak aturan UU ini yang digugat.

Tidak Dijamin

Dalam pasal-pasal selanjutnya juga tidak ada ketentuan atau norma jaminan sosial, seperti kecelakaan, pensiun, dan hari tua. Pada pasal 17 hanya mengatur bahwa pemerintah akan membayar iurannya secara bertahap.

“Kami beranggapan bahwa fakir miskin ke depan tidak dapat jaminan apa-apa. Tidak ada ketentuan, hanya ada undang-undang. Sewaktu-waktu bisa diubah, bisa dihindari karena tidak ada jaminan fakir miskin mendapat jaminan haknya yang telah dijamin oleh konstitusi,” kata dia.

Ke-14 penggugat itu adalah Imam Rofii (fakir miskin, nelayan), Imam Mawardi (petani penggarap), Fathul Hadie Utsman (Direktur ACC/Sergap), Abdul Halim Soebahar, Abdul Kholiq Syafaat, dan M. Qomari (dosen), Hadi Purnomo, Sumilatun, dan Sanusi Affansi (guru), Jaelani (kepala dusun), Hamdanah dan Raisal Haq (mahasiswa), serta Afkar Rara dan Raidal Libar (pelajar). (ren)

Garuda: Tak Ada IPO Anak Usaha Tahun Ini

Posted: 02 Feb 2012 08:32 PM PST

Garuda Indonesia memastikan tak ada anak usahanya yang menggelar IPO tahun ini (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

Koran Baru- Kendati Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusung salah satu anak usahnya menggelar penawaran umum perdana saham (IPO), manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memastikan aksi korporasi itu tak akan terjadi pada tahun ini.

“IPO anak usaha kemungkinan tidak, tetapi keputusan ini memang belum final ya,” kata Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan, di Jakarta, 2 Februari 2012.

Sebagai informasi, salah satu anak usaha Garuda yang diusung untuk menggelar IPO adalah PT GMF AeroAsia. Kementerian pun telah memanggil Garuda Indonesia soal kesiapannya.

“Ada surat dari Kementerian BUMN yang belum kami jawab,” ujar Elisa seraya menyatakan bahwa Menteri BUMN Dahlan Iskan menyerahkan keputusan IPO pada manajemen Garuda.

Elisa beralasan, selama ini hampir 70 persen pendapatan yang dihasilkan GMF Aero Asia masih berasal dari pesawat-pesawat Garuda. Untuk IPO, lanjut Elisa, setidaknya perusahaan perawatan pesawat itu harus memperoleh 50 persen pendapatannya dari luar Garuda.

Terhadap anak usahanya itu, Elisa menegaskan langkah IPO bukanlah tujuan yang ingin ditempuh dalam waktu dekat ini. Maskapai pelat merah ini mengaku  masih ingin membesarkan GMF lebih baik lagi.

Anak Usaha Lain

Kalaupun pemerintah mendesak agar salah satu anak usaha Garuda melepas saham ke publik, Elisa mengusulkan agar kesempatan itu diberikan kepada PT Aero Catering Service. Manajemen Garuda pun telah mengusulkan rencana tersebut ke kementerian. “Kalau memang jadi tahun ini, kami mengusulkan ACS,” kata dia.

Awalnya, Garuda memprediksi perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan makanan itu dapat menggelar IPO pada kuartal keempat tahun ini. Namun jika boleh dipersiapkan lebih matang lagi, manajemen memilih untuk menggelar IPO  pada awal 2013.

Pemilihan ACS dikarenakan manajemen Garuda melihat munculnya euforia kenaikan peringkat investasi Indonesia. Hal ini diperkirakan membuat dana asing yang mengalir ke Indonesia akan semakin banyak.

Selain itu, ACS juga sudah bisa mengandalkan pendapatan perusahaan di luar Garuda Indonesia. (ren)

BPK Audit UI,UGM dan ITB, Apa Masalahnya?

Posted: 02 Feb 2012 08:20 PM PST

Salah satu gedung Universitas Indonesia (Dokumen UI)

Koran Baru–VIVAnews –  Ini audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap sejumlah perguruan tinggi ternama. Universitas Indonesia, Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung.  Audit itu menemukan bahwa ada persoalan dalam pengelolaan keuangan pada tiga kampus itu.

Persoalan itu ditemukan pada kurun waktu tiga tahun. Dari 2008 hingga 2010. Hasil audit itu sudah diserahkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional dan ketiga perguruan tinggi itu. Laporan tersebut diperoleh VIVAnews pada Kamis 2 Februari 2012.

Dalam laporan itu ditulis bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, pengadaan barang dan jasa pada ketiga perguruan tinggi itu belum sepenuhnya sesuai dengan keputusan presiden.

Keputusan presiden yang dimaksud audit itu ada dua. Pertama Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Kedua adalah Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan APBN, kontrak pengadaan barang dan jasa.

Di samping belum sesuai dengan dua keputusan itu,  begitu bunyi audit itu, pengelolaan keuangan juga belum seuai dengan peraturan internal perguruan tinggi masing-masing.

Hasil audit itu sudah dikirim kepada rektor tiga perguruan tinggi itu. Laporan dikirim dalam bentuk surat. Dikirim serempak pada 30 Desember 2011. Ditanda tangani oleh anggota BPK Rizal Djalil.
Surat kepada Rektor Universitas Indonesia, Gumilar Rusliwa Somantri, bernomor 37/S/VIII/12/2011. Dan untuk universitas itu, BPK menemukan 7 permasalahan anggaran.

Di antaranya soal pengadaan gedung perpustakaan pusat kampus itu. Baik pembangunan tahap pertama, maupun tahap kedua. Pengadaan mengakibatkan pemborosan sekitar Rp625 juta.

Di samping itu ada juga permasalahan dalam pengerjaan gedung Art and Culture Center tahap I dan pembangunan gedung Fasilkom tahap I, yang mengakibatkan kelebihan pembayaran lebih dari Rp583 juta.

Surat kepada Rektor Universitas Gajah Mada, Sudjarwadi, bernomor 42/S/VIII/12/2011. Terkait universitas ini, audit BPK menemukan 9 persoalan pengelolaan anggaran. Mayoritas berkaitan dengan Rumah Sakit Akademik (RSA) di universitas itu. Pembangunan Rumah Sakit Akademik tahap II disebut mengakibatkan kelebihan pembayaran Rp479 juta.

Penetapan harga satuan pekerjaan dalam kontrak pembangunan RSA UGM tahap II itu,  juga disebut melebihi harga penawaran sehingga mengakibatkan kelebihan pembayaran sebesar Rp2 miliar. Kampus itu pun dinilai terlambat dalam melaksanakan pembangunan gedung RSA UGM tahap I dan II serta Fisipol tahap II sehingga dikenakan sanksi denda sebesar Rp3 miliar.

Peralatan RSA UGM, kata audit itu,  belum dapat dimanfaatkan dan tidak bisa diuji fungsi sebagai syarat penyelesaian pekerjaan sehingga mengakibatkan denda keterlambatan sebesar Rp1 miliar. Prosedur pengadaan tanah untuk RSA UGM juga disebut audit itu sebagai tidak sesuai dengan ketentuan.

Selain itu, penilaian penawaran penyedia jasa pembangunan RSA UGM tahap II disebut tidak berdasarkan dokumen lelang, sehingga diindikasikan merugikan negara sebesar lebih dari Rp22 miliar.
Surat kepada Rektor ITB Akhmaloka bernomor 35/S/VIII/12/2011. Terkait kampus itu, audit BPK menemukan 5 persoalan anggaran. Antara lain tujuan pengadaan barang tidak tercapai, sehingga ITB tidak memperoleh barang yang dibutuhkan senilai lebih dari Rp 1 miliar.

Kepada ketiga rektor perguruan tinggi itu, BPK memberikan tenggat waktu paling lambat 60 untuk memberi jawaban, sejak diterimanya hasil pemeriksaan tersebut oleh masing-masing perguruan tinggi.
BPK juga merekomendasikan kepada para rektor itu untuk memperbaiki dan menindaklanjuti rekomendasi yang dimuat dalam laporan pemeriksaan tersebut.

Tanggapan UI, UGM, ITB

Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri menegaskan bahwa  UI akan menindaklanjuti hasil audit BPK itu. "Selama 60 hari tenggat waktu yang diberikan. Harus dilihat dahulu temuannya seperti apa dan rekomendasinya seperti apa," kata Gumilar.

Gumilar menegaskan bahwa permasalahan ini harus dilihat secara seimbang. Baik dari perspektif auditor dan pihak yang diaudit, dalam hal ini Univeritas Indonesia. "Setelah semuanya ditemukan, baru ditindaklanjuti untuk perbaikan," papar Gumilar.

Universitas Indonesia, lanjutnya, saat ini masih terus membangun tanpa merugikan keuangan negara. Ia menambahkan bahwa manajemen kampus sudah memiliki sistem, yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menghindari kerugian itu. Gumilar juga menampik adanya pelanggaran hukum dalam sistem itu, karena dalam setiap pelaksanaan sudah mematuhi Peraturan Pemerintah Nomor 54 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Sementara itu, Rektor UGM memilih mempersiapkan laporan pertanggungjawaban terkait hasil audit BPK tersebut. "Kami sudah memproses untuk menyikapi itu (audit BPK). Tenggat waktunya masih sampai tanggal 15 Februari 2012," kata Kepala Bidang Humas UGM, Wijayanti, kepada VIVAnews.

Demi menanggapi temuan BPK tersebut, kata Wijayanti, UGM sedang memperbaiki beberapa laporan yang belum rampung. "Sebagian sudah dikerjakan. Sebagian lagi belum," ujarnya.

Petinggi Institut Teknologi Bandung mengaku belum mengetahui temuan BPK tersebut. Humas ITB, Budi, menegaskan bahwa pihaknya belum mendapat informasi langsung dari BPK. Apapun, kata dia, bila ada temuan BPK soal keuangan ITB, maka hal itu akan ditangani oleh Satuan Pengendalian Internal (SPI) ITB.

"Nanti SPI yang akan membicarakan masalah ini dengan rektor. Untuk diketahui, selain diaudit pemerintah, kami juga diaudit oleh akuntan publik," kata Budi.

Kontraktor Migas Siap Pasok Gas Konversi BBM

Posted: 02 Feb 2012 08:07 PM PST

Converter Kit BBG (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

Koran Baru – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di wilayah Jawa-Bali menyatakan siap untuk memasok gas dalam rangka mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan
bakar gas (BBG). KKKS tersebut antara lain Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ, PHE WMO, Pertamina EP dan Santos.

Presiden Direktur PHE, Salis Aprilian, menjelaskan produksi gas eksisting PHE West Madura Offshore telah terserap habis untuk PLN, Pupuk Kujang, PGN dan PT GM. “Ada beberapa sumur eksplorasi kemungkinan bisa untuk memenuhi kebutuhan ke depan,” kata Salis dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di Jakarta, 2 Januari 2012.

Ia menjelaskan PHE WMO dan BP Migas telah menyetujui alokasi gas untuk kebutuhan konversi BBM ke BBG sebesar 6 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). “Namun harga gas harus mengacu kepada keekonomian pengembangan lapangan baru diatas US$7 per mmbtu,” kata Salis.

Sedangkan untuk PHE Offshore North West Java (ONWJ), lanjutnya, pasokan gas eksiting telah habis untuk PLN, PKC dan Refinery Unit VI Balongan. Walaupun begitu, PHE ONWJ telah berkomitmen untuk menyediakan gas sebesar 3 MMSCFD dalam rangka program konversi BBM.

“Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan seperti harga gas mengacu kepada keekonomian, lokasi titik serah terima gas berikut fasilitas, syarat-syarat perjanjian jual beli gas sperti jaminan pembayaran atau SBLC jika diperlukan,” kata Salis.

Titik serah terima gas yang mengalir dari WMO berada di Gresik sedangkan untuk ONWJ ada titik serah gas antara lain Tanjung Priok, Muara Karang dan Cilamaya. Untuk waktunya sendiri, Salis menyatakan
untuk saat ini telah siap untuk dialirkan.

Pasokan BBG

Sementara itu, Presiden Direktur Pertamina EP Syamsul Alam menyatakan Pertamina EP telah menyalurkan gas untuk BBG sejak 2001  melalui PGN sebesar 2,8 MMBTUD untuk didistribusikan di wilayah Jabodetabek.
Sedangkan untuk program konversi BBM 2012 ini, Pertamina EP akan memasok gas untuk BBG sebanyak 5,1 MMSCFD.

“Pasokan itu berasal dari lapangan Tambun sebesar 4 MMSCFD dan 1,1 MMSCFD dari lapangan Cikarang. PJBGnya telah selesai dengan harga US$4,37 per MMBTU. Pertamina EP siap dan komitmen untuk membantu
program ini,” katanya.

Ia menjelaskan gas dari Pertamina EP saat ini telah siap dialirkan, rencananya gas dari Pertamina EP ini akan dialokasikan untuk stasiun mother daughter yang sedang dibangun oleh Pertamina dan diperkirakan selesai pada Juli 2012.

Presiden Direktur dan General Manager Santos Indonesia Marolijn Wajong menjelaskan saat ini Santos beroperasi di tiga lapangan, antara lain lapangan Maleo yang memproduksi 100 BBTUD yang dialokasikan untuk PGN dan Industri. Kedua dari Lapangan Oyong dengan produksi 40 BBTUD dan dialokasikan untuk Indonesia Power.

Sedangkan ketiga berasal dari lapangan Wortel dengan kapasitas produksi sebesar 50 BBTUD untuk Indonesia Power, BUMD Sampang dan BUMD Pasuruan. Santos masih mempunyai satu lapangan baru bernama lapangan Peluang yang akan mulai berproduksi kuartal III-2013 dengan perkiraan total produksi 25-30 BBTUD.

Saat ini Santos sedang berdiskusi dengan BP Migas, dan kemungkinan besar Santos akan mengalokasikan sekitar 5 MMSCFD berasal dari lapangan Peluang. “Lagi diskusi dengan BP Migas belum ada
keputusan. Kalau gas diinginkan sekarang maka akan mengambil dari gas eksisting dan itu dapat mengganggu kontrak yang telah ada, baik untuk Indonesia Power maupun PGN,” katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Eksplorasi CNOOC SES Ltd, Perkasa Sinagabariang mengatakan semua cadangan gas CNOOC saat ini dialokasikan seluruhnya untuk PLN sebesar 80 MMBTUD sedangkan sisanya untuk generator untuk digunakan sendiri. “Kita sudah bertemu dengan BP Migas dan dirjen Migas, sudah tidak ada lagi cadangan untuk program konversi BBM ini,” katanya. (ren)

Miliki Semangat untuk Selalu Belajar

Posted: 02 Feb 2012 07:55 PM PST

Semangat belajar harus dimiliki, agar cepat memperoleh ilmu yang sedang dipelajari.

Vlog – Selama bekerja sebagai freelancer di salah satu proyek di Kupang, saya kerap merasa heran dengan apa yang dilakukan oleh ketua tim saya. Meski beliau adalah seorang insinyur bertitel CES dari Perancis di bidang hidrologi dan hiraulika, tapi kemana-mana selalu membawa buku dasar-dasar hidrologi edisi lama.

Saya makin heran ketika mendengar jawaban beliau ketika saya menanyakan hal tersebut. Apa jawabnya? Untuk bahan belajar. Beliau kemudian bercerita, bahwa ilmu di dunia ini, akan terus berkembang. Tentu saja itu tak akan bisa diikuti tanpa menyimak kembali dasar-dasarnya.

Baca selanjutnya…

Korban Penembakan Aparat di Riau Bertambah

Posted: 02 Feb 2012 07:52 PM PST

Ilustrasi polisi berjaga-jaga di lokasi kerusuhan (ANTARA/Izaac Mulyawan)

Koran Baru – Korban penembakan warga desa Batang Kumuh, kecamatan Tambusai, kabupaten Rokan Hulu, Riau, oleh Brimob dari Polda Sumatera Utara, bertambah jadi enam orang.

Kuasa hukum warga Desa Kumuh, M Nasir Sihotang, kepada VIVAnews menyebutkan keenam warga tersebut adalah Osmar Sihombing (30 tahun), Franky Dolok Pasaribu (30), Nomos Sihombing (34),  Johanes Sitorus (35), Ranto Sirait (27) dan Joni Sihotang (58).

“Mereka sedang masih dirawat di rumah sakit umum daerah Rohul,” kata Nasir, Kamis 2 Februari 2012.

Seperti diberitakan sebelumnya, peluru dari senjata Brimob tersebut bersarang di tubuh korban. Ada yang di kaki, paha dan ada juga di pantat.

“Kejadiannya tadi siang pukul 11.00 WIB. Saat itu perusahaan asal Sumut, PT Mazumah Agro Indonesia, mengerahkan alat berat ke lahan milik warga yang berada dalam wilayah Riau. Karena PN Pasirpengaraian sudah memenangkan warga, maka warga menolak alat berat itu masuk ke lahannya,” terang Nasir

Namun, dengan bantuan aparat Brimob, alat berat tersebut terus masuk. Saat itulah, warga menolak. “Karena mendapat perlawanan dari warga, Brimob melepaskan tembakan dan mengenai enam orang warga,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, empat orang lelaki dan satu orang ibu rumah tangga juga diculik aparat tersebut. “Selain enam orang yang tertembak, lima orang juga diculik,” akunya.

Kapolda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Wisnu Amat Sastro, enggan berkomentar mengenai penambakan ini. “Jangan dilihat dari kasus penembakannya. Lihat kasus sebenarnya,” kata Wisnu Amat saat dihubungi VIVAnews.com. (ren)

Manohara Bantah Foto Mesra Dengan Gubernur

Posted: 02 Feb 2012 07:39 PM PST

Manohara (VIVAnews/Gestina Rachmawati)

Koran Baru- Sosok Manohara hampir selalu menuai kontroversi. Setelah perceraiannya dengan Pangeran Kelantan, beberapa tahun silam, sosoknya memang menjadi buah bibir. Sejumlah rumor miring pun menghingapinya.

Yang teranyar, rumor tentang kedekatan Manohara dengan seorang pejabat tinggi di Sulawesi Tenggara. Rumor ini berhembus seiring kemunculan foto keduanya yang beredar luas di dunia maya.

Foto itu dengan latar speedboat di tengah laut itu menampilkan sosol Manohara duduk dengan balutan bikini hitam yang tersamar balutan drees putih setali berbahan tipis. Sementara sang pria duduk di sampingnya dengan balutan jins dan kaos tipis sembari memegang kamera.

Manohara tak membantah itu gambar dirinya. Namun, ia membantah memiliki hubungan spesial dengan sang pejabat. “Itu foto waktu acara pariwisata dengan Kementerian Kelautan, sudah lama, dua tahun yang lalu,” ujarnya melalui sang manajer, Pipin, kepada VIVAnews.

Manohara dan pria yang diduga gubernurManohara merasa foto itu sama sekali tak mesra. Hanya kebetulan saja duduk bersebelahan. “Itu nggak mesra, ada banyak orang di sana, media juga banyak, jadi jangan salah persepsi, lagi di kapal pesiar kan disesuaikan pakaiannya,” ujar Pipin.

Namun, ketika ditanya siapa pelaku penyebar foto tersebut, Pipin tidak berkomentar banyak. “Yang moto saya nggak tahu siapa, di sana banyak tamu dan media, jadi jangan terlalu dibesar-besarkan,” ujarnya.

Sebelum rumor ini berhembus, Manohara juga sibuk memberikan konfirmasi mengenai foto-fotonya berbusana seksi, juga potretnya bersama sejumlah lelaki di sebuah pesta. “Foto-foto itu adalah risiko aku di dunia entertainmen. Itu party dengan pakaian renang,” ucap Manohara menanggapi salah satu fotonya berbusana seksi. (ren)

Garuda Naikkan Target Penambahan Armada

Posted: 02 Feb 2012 07:33 PM PST

Pesawat Baru Garuda Indonesia (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Koran Baru- Melihat momentum pertumbuhan Indonesia yang tengah membaik,  PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memutuskan menambah target jumlah armada pesawat yang akan didatangkan pada 2015 mendatang.

Jika sebelumnya, Garuda membidik target penambahan armada sebanyak 154 unit hingga 2015. Kini manajemen menambah target itu menjadi 194 unit.

“Sudah dapat kesepakatan dari komisaris,” kata Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Menurut Elisa, pasar industri penerbangan saat ini sedang tumbuh tinggi. Untuk itu, manajemen Garuda tak mau ketinggalan memanfaatkan momentum tersebut.

Dari catatan Garuda, sejumlah pesawat yang akan didatangkan Garuda hingga 2015 adalah Wide Body sebanyak 33 unit, 24 armada Airbus 330, 9 armada Boeing 777, 83 armada Boeing 737-800 Next Generation (NG), 25 armada Sub-100, 50 armada Airbus 320 untuk City Link, dan 4 armada Frighter menjadi 4 unit.

Elisa menyatakan, untuk mempercepat penambahan jumlah armada tersebut, manajemen berencana menggunakan dana hasil penawaran umum perdana saham (IPO) pada tahun ini. Sebelumnya, dana hasil IPO Itu akan dihabiskan sampai 2014 mendatang.

“Misalnya uang muka pemesanan pesawat (pre-delivery payment/PDP) rencana bayar untuk 2 tahun, untuk enam pesawat, maka akan habis 2014. Tapi kalau untuk 20 pesawat, dengan dana PDP dari hasil IPO, akan habis tahun ini,” ungkapnya.

Catatan Garuda menunjukan, dana hasil IPO yang belum terpakai untuk pemesanan armada pesawat baru mencapai Rp1,397 triliun. Sementara dana yang sudah terpakai sebesar Rp1,152 triliun.

Sesuai prospektus, dana hasil IPO untuk pengembangan armada dialokasikan sebesar 80 persen, dan sisanya sebesar 20 persen untuk anak usaha. (ren)

Kisah Cinta Kilat Atalarik dan Tsania Marwa

Posted: 02 Feb 2012 07:27 PM PST

Tsania Marwa dan Atalarik Syach (Winda Yanti)

Koran Baru – Hati model yang kini lebih dikenal sebagai bintang sinetron, Atalarik Syach, sedang berbunga-bunga. Pria yang akrab disapa Arik ini mengaku telah menemukan tambatan hati. Ia kini menjalin hubungan yang serius dengan pesinetron, Tsania Marwa.

Wajah bahagia jelas terlihat saat Arik melakukan fitting baju pengantinnya di sebuah butik di kawasan Jakarta Barat. Dengan wajah sumringah, mantan Cover Boy Majalah Mode itu menceritakan soal kisah cintanya dengan Marwa.

Arik mengaku ia dan Marwa bertemu dalam sinetron ‘Putri Yang Tertukar’. Keduanya sama-sama terlibat dalam sinetron yang juga dibintangi Nikita Willy. Kebersamaan mereka di lokasi syuting menimbulkan benih cinta.

Setiap jeda syuting, keduanya terlibat perbincangan. Hal itu semakin membuat keduanya akrab dan dekat satu sama lainnya.

“Di lokasi syuting, Marwa panggil saya Om, lucu aja ya kesannya. Kursinya dia dari awal sampai syuting selesai berada di sebelah saya, jadi kita sering curhat. Dari situ, akhirnya sering komunikasi dan kita jalani,” kata Arik saat ditemui di sebuah butik di bilangan Jakarta Barat.

Mereka cocok, Arik mulai memberanikan diri untuk menjalani hubungan itu secara serius. Ia memutuskan untuk melamar kekasihnya. Dalam hitungan bulan, 1 Oktober lalu, pria itu resmi melamar Marwa dan merencanakan untuk melabuhkan hati mereka di pelaminan.

“Kita nggak pakai tunangan. Jadi waktu perkenalan keluarga, langsung sekalian lamaran,” ucapnya sambil tersenyum.

Perbedaan usia 18 tahun, tidak menjadi batu sandungan bagi Arik dan Marwa. Keduanya sama-sama tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut. Arik berusaha untuk lebih memahami Marwa yang lebih muda darinya.

“Kita jadi karena sudah mengetahui jeleknya masing-masing dan kita bisa menerimanya,” tutur pria yang meraih penghargaan sebagai Aktor Terfavorit di ajang Panasonic Awards 2011 lalu.

Namun, karena jadwal syuting yang padat, membuat sejoli ini kesulitan untuk menentukan tanggal pernikahan. Persiapan pernikahan terus dilakukan tapi Arik dan Marwa masih mencari-cari tanggal yang tepat.

Hanya sempat tersiar kabar, Arik dan Marwa akan melangsungkan pernikahan pada 14 Februari mendatang, bertepatan dengan Hari Valentine. Benarkah?

“Nggak kok, kita nggak maksa pas-pasin tanggal di hari itu. Pokoknya pilih tanggal di mana seluruh keluarga bisa semua. Kita pasti kasih tahu nanti,” ujar Arik. (umi)

“Tak Ada Opsi Ganti Ketua Umum Demokrat”

Posted: 02 Feb 2012 07:17 PM PST

Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum dan Sekjen Demokrat Ibas Yudhoyono (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

Koran Baru – Anggota Dewan Kehormatan Demokrat, Jero Wacik, membantah ada niatan dari internal Demokrat untuk mengganti ketua umum mereka, Anas Urbaningrum.

"Tak ada opsi mengganti ketua umum. Tidak benar ada rapat (membahas) penggantian (Anas)," kata Jero Wacik di Kantor Presiden, Jakarta, 2 Februari 2012. Menurutnya, rapat-rapat yang digelar Demokrat belakangan ini, termasuk rapat Dewan Pembina Demokrat, hanya meminta semua kader untuk memperhatikan kondisi partai.

"Jangan sampai (citra Demokrat) menurun. Kalau ada penurunan citra partai, harus dijaga agar jangan sampai terus menurun," terang Wacik. "Rapat Dewan Pembina, Dewan kehormatan, tujuannya selalu untuk menjaga citra partai," tegasnya.

Wacik membantah apabila rapat Dewan Pembina di Kemayoran, Jakarta, pada hari raya Imlek lalu disebut sebagai rapat ilegal hanya karena tidak dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Itu rapat resmi. Dewan Kehormatan (Demokrat) juga sering rapat tanpa SBY. Intinya beliau sudah memberikan mandat kepada kami, dan rapat itu tidak untuk mengambil keputusan," kata Wacik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia itu juga menegaskan, tidak ada sama sekali pembahasan 4 nama pengganti Anas di tubuh Demokrat. "Nggak ada. Kata siapa itu?" ujar Wacik.

Ia meminta semua isu terkait Demokrat maupun ketua umumnya diserahkan kepada proses hukum, tanpa berandai-andai. "Jangan katakan 'kalau' (Anas terlibat kasus hukum). Tunggu saja," ucap dia. (ren)

CAS Menangkan Gugatan Persipura kepada PSSI

Posted: 02 Feb 2012 07:08 PM PST

Suporter Persipura (VIVAnews/Banjir Ambarita)

VIVAnews – Putusan sela pengadilan Court Arbitration of Sport (CAS) di Zurich, Swiss, Rabu 1 Januari 2012, terkait gugatan Persipura Jayapura  atas keputusan PSSI yang tidak mendaftarkan tim juara Liga Super Indonesia (ISL) itu ke Liga Champions Asia, akhirnya dikabulkan.

”Alhamdulillah, segala puji bagi Tuhan Allah Yang Maha Agung, yang telah membukakan hati para hakim CAS, yakni menetapkan keputusan sela memenangkan gugatan Persipura dalam sidang CAS, 1 Februari 2012, di Zurich, Swiss,” ujar Thamrin Sagala, Sekretaris Umum Persipura.

Putusan sela sidang CAS yang mengabulkan gugatan Persipura, lanjutnya, harus dieksekusi selambat-lambatnya pada 10 Februari 2012. ”Gugatan kami kepada PSSI Rp20 milliar, karena dengan sengaja tidak menyertakan Persipura di LCA. Jadi PSSI harus tunduk pada putusan ini mengganti rugi kerugian kami. Kalau untuk ikut LCA tidak mungkin lagi, sebab sangat tak masuk akal Liga dimundurkan lagi,” ujarnya.

Putusan sela sidang CAS yang memenangkan Persipura, kata Thamrin, jadi kemenangan masyarakat sepakbola Papua khususnya, dan Indonesia. ”Ini kemenangan masyarakat Papua, KPSI dan ISL. Dan ingat, kebenaran akan selalu menang,” ucapnya.

Menurut Sagala, selama sidang gugatan Persipura di pengadilan CAS berlangsung, PSSI sebagai pihak tergugat, tidak pernah hadir. ”Dalam surat putusannya, CAS juga megatakan PSSI tak pernah ikut persidangan. Ini sinyalemen PSSI tidak bertanggung jawab dan tidak gentlemen,” paparnya.

Thamrin juga mengharapkan, kemenangana ini sebagai tonggak atau langkah awal yang baik bagi KPSI untuk menyelenggarakan Kongres Luar Biasa. ”Saya kira ini salah satu modal bagi KPSI untuk menyelenggarakan KLB. Sekaligus cerminan bahwa PSSI pimpinan Djohar Arifin tidak bekerja profesional dalam mengelola organisasi,” imbuhnya. (umi)

• VIVAbola

Dirut Perusahaan Ari Sigit Jadi Tersangka

Posted: 02 Feb 2012 08:29 AM PST

Polda Metro Jaya (VIVAnews/Tri Saputro)

Koran Baru – Penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menetapkan status tersangka kepada Soenarno, Direktur Utama PT Dinamika Daya Andalan (Dinamika) terkait kasus dugaan pengelapan dana proyek PT Wajatama (Krakatau). Kasus ini menyeret nama cucu mantan Presiden Soeharto, Ari Sigit, yang menjadi komisaris di perusahaan itu.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, setelah polisi menetapkan Soenarno sebagai tersangka, yang bersangkutan langsung melarikan diri. Kini masih dalam pengejaran.

“Dirutnya sudah ditetapkan sebagai tersangka, dan dia kabur. Pemanggilan sudah dilakukan dua kali kepada yang bersangkutan tetapi tidak datang,” ujar Rikwanto di Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Hingga saat ini, pihaknya sedang mendalami bagaimana keterlibatan Ari Sigit dalam kasus pengelapan dan penipuan itu, sebab pelapor mencantumkan Ari Sigit sebagai terlapor pertama dan Soenarno sebagai terlapor kedua.

Polisi akan berkoordinasi dengan imigrasi terkait dengan pencekalan terhadap Soenarno, karena dikhawatirkan yang bersangkutan kabur ke luar negeri.

“Kalau memungkinkan apakah perlu sampai dilakukan pencelakan, ya kita lakukan,” jelas Rikwanto.

Dihubungi terpisah, kuasa hukum Ari Sigit, Bontor Tobing mengatakan, kasus ini sepenuhnya diserahkan melalui prosedur hukum yang berlaku. Masalah ini, kata dia merupakan masalah perusahaan antar perusahaan bukan masalah personal.

“Pak Ari Sigit bilang, kalau bersalah silahkan di proses, dia menyerahkan semua kepada prosedur hukum. Saat ini belum ada pemanggilan lagi terhadap Pak Ari,” jelas Bontor.

Ari Sigit, lanjut Bontor sudah menjelaskan kronologi dan struktur perusahaan kepada penyidik, juga tanggungjawabnya di perusahaan itu.

Berselisih

Seperti diketahui, Ari Sigit dikait-kaitkan dengan kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan total kerugian Rp2,5 miliar. Kasus penipuan itu dilaporkan pada 27 Oktober 2011.

PT Dinamika berselisih dengan PT Krakatau Wajatama yang berlokasi di Cilegon, anak perusahaan PT Krakatau Steel. Perusahaan Ari Sigit ditunjuk sebagai pelaksana proyek pengurukan tanah di Cilegon oleh PT Krakatau Wajatama.

Dalam surat itu ada penunjukannya. PT Krakatau Wajatama sudah mengeluarkan uang sebesar Rp2,5 miliar untuk perusahaan Ari Sigit sebagai uang jaminan pelaksanaan proyek. (ren)

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Peraturan Perundang-undangan di Indonesia

Posted: 02 Feb 2012 08:27 AM PST

Perundang-undangan di Indonesia memiliki pasang surut akibat adanya konfigurasi politik. Ilustrasi hukum (http://sukatulis.wordpress.com)

KBlog – Hierarki Perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang dan mengikat secara umum. Hierarki perundang-undangan di Indonesia memiliki pasang surut perubahan akibat konfigurasi politik yang ada.

Pasang surut ini menjadi sebuah polemik yang berkepanjangan. Perubahan itu menjadi salah satu sisi meningkatnya sistem demokrasi yang ada di Indonesia. Peningkatan taraf kemurnian demokrasi ini menjadi awal kebangkitan sistem pemerintahan. Dari konservatif menuju progresif.

Baca selanjutnya…

Mantan Pelatih Muhammad Ali Wafat di Usia 90

Posted: 02 Feb 2012 08:25 AM PST

Muhammad Ali dan Angelo Dundee (tbo)

VIVAnews – Pelatih tinju legendaris yang melejitkan Muhammad Ali, Angelo Dundee meninggal dunia, Rabu waktu Amerika Serikat, 1 Februari 2012. Dundee meninggal di usia 90 tahun.

“Angelo meninggal disaksikan keluarga dan teman-teman di sekelilingnya,” bunyi pernyataan Keluarga Dundee seperti dilansir Reuters. “Ia sangat bahagia bisa merayakan ulang tahun Ali pada awal tahun ini dan masuk Hall of Fame.”

Ali memang salah satu petinju kesayangan Dundee. Ali merayakan ulang tahun ke-70 pada 17 Januari 2012.

“Ia masih melakukan banyak hal sampai meninggal. Ia menjalani hidup yang luar biasa,” lanjut pernyataan keluarga itu.

Dikenang karana kemampuannya memotivasi banyak petinju menjadi juara dunia, Angelo meninggal di rumahnya di Tampa, Florida. Dundee lebih banyak bekerjasama dengan Ali. Tapi, ia juga melatih 15 juara dunia, termasuk Sugar Ray Leonard dan George Foreman.

Salah satu momen terindah dalam karir Dundee terjadi pada 1981. Teriakan keras Dundee kepada Leonard di akhir-akhir pertandingan mengubah hasil melawan Thomas Hearns.

“Kamu harus terus memukul dia, anakku,” kata Dundee.

Dan Leonard menjawabnya dengan kemenangan KO. Padahal, Hearns mendominasi sejak awal pertandingan.

Dundee menjadi pelatih tinju selama hampir 6 dekade. Ia masuk International Boxing Hall of Fame sejak 1994.

Jakarta Dapat Tambahan Pasokan Listrik

Posted: 02 Feb 2012 08:00 AM PST

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik (PLN Jawa-Bali)

Koran Baru – PT PLN (Persero) selesai membangun Sirkuit Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Lontar-New Tangerang. Hal itu membuat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar, Banten yang berkapasitas 3×315 Megawatt mampu memasok listrik sekitar 300 Mw ke daerah Jakarta.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto menjelaskan tambahan daya sebesar 300 MW ini menjadikan sistem listrik Jakarta semakin handal karena menjadikan cadangan daya yang tersedia menjadi
lebih besar.

“Beban puncak listrik Jakarta dan Tangerang saat ini sekitar 5.800 MW yang dipasok dari beberapa pembangkit dan gardu induk,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis 2 Februari 2012.

Pengurangan BBM

Ia menjelaskan selain menambah kehandalan pasokan, kiriman listrik dari PLTU Lontar ini sangat besar artinya bagi pengurangan konsumsi BBM yang digunakan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang.

Nanti pada saat 3 unit PLTU Lontar beroperasi, ketiganya mampu menghasilkan daya listrik sebesar 500 MW. Daya sejumlah ini dapat menggantikan listrik yang dihasilkan oleh PLTGU & PLTU Muara Karang. Hal ini sekaligus menjadikan PLN mampu membuat penghematan di sisi pemakaian energi primer.

Menurutnya dengan tambahan pasokan listrik dari PLTU Lontar maka sebagian PLTGU dan PLTU Muara Karang yang selama ini dioperasikan dengan bahan bakar minyak (BBM) dapat diistirahatkan.

“Pada saat nanti 3 unit PLTU Lontar beroperasi maka akan bisa memasok Jakarta sekitar 500 MW. Hal ini akan dapat menghemat pemakaian BBM sekitar Rp 488 miliar per bulan,” katanya. (ren)

Perusahaan Sawit Didesak Lindungi Orangutan

Posted: 02 Feb 2012 07:58 AM PST

Orangutan (Antara/ Regina Safri)

Koran Baru – Presiden Direktur Restorasi Habitat Orangutan Indonesia (RHOI), Jamartin Sihite, mengatakan penyelamatan orangutan tidak harus langsung ke hutan restorasi. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah merehabilitasi area konservasi yang di wilayah perkebunan kelapa sawit.

“Opsi penyelamatan dan pelepasan adalah opsi terakhir,” kata Jamartin, Kamis, 2 Febuari 2012.

Namun menurut Deputi Direktur Konseravasi RHOI, Aldrianto Priadjati, ada beberapa perusahaan yang kurang mengerti hal ini. “Di lapangan terjadi gap antara manajemen perusahaan di pusat dengan perusahaan yang di bawah soal area konservasi,” katanya.

Ini menyebabkan upaya perlindungan orangutan kurang maksimal.  “Hanya sedikit areal konservasi untuk orangutan dari perkebunan,” tutut Aldrianto.

Harus Steril

Areal konservasi di wilayah perkebunan sawit itu juga harus steril dari unsur gangguan manusia untuk menjaga kehidupan manusia.

Untuk itu pihaknya siap memberikan bantuan perawatan dan konsultasi orangutan kepada pihak perusahaan sawit. Jamartin juga mendorong perusahaan kelapa sawit untuk menjadikan perlindungan orangutan sebagai komitmen perusahaan dalam memelihara biodiversiti alam.

“Ini harus jadi tanggungjawab biodiversiti perusahaan bagi perusahaan kelapa sawit. Jika tidak perlindungan orangutan akan jadi sampingan saja,” tambah Martin.

Ia mengatakan untuk merehabilitasi orangutan setidaknya butuh 3,5 sampai 4 juta per bulan untuk satu individu orangutan. Untuk satu tahun, perlu biaya 35 sampai 45 juta untuk satu individu orangutan. “Nilai itu sudah (dihitung) saat timbul penyakit tertentu,” jelasnya. (ren)

BI Rate Sulit Paksa Bank Ikut Turunkan Bunga

Posted: 02 Feb 2012 07:48 AM PST

Ilustrasi perbankan nasional (VIVAnews/Muhamad Solihin)

Koran Baru – Ekonom dari Universitas Gajah Mada (UGM), Tony Prasetiantono, menilai Bank Indonesia akan tetap menahan BI Rate di level 6 persen pada Februari ini. Alasannya, fluktuasi nilai tukar rupiah yang belum stabil.

Tony, yang juga Komisaris Independen Bank Permata, mengatakan BI menyadari bahwa instrumen BI Rate hanya memiliki daya paksa kecil untuk menurunkan suku bunga kredit perbankan.

“Jangankan menurunkan suku bunga kredit, menurunkan bunga deposito saja bank belum berani. Hal ini akan berpengaruh pada dana pihak ketiga (DPK),” ujarnya.

Menurutnya penurunan suku bunga deposito itu sensitif dan bisa mengurangi DPK. Ketika ada guncangan, dolar akan menguat. “Perbankan khawatir jika bunga deposito turun maka DPK akan amblas,” ujarnya.

BI sendiri menahan suku bunga BI Rate menjadi 6 persen mulai November. Untuk menurunkan suku bunga kredit, BI mengawasi bank yang masih menawarkan suku bunga deposito di atas penjaminan LPS.

Untuk mengurangi biaya operasional bank, BI juga mengkaji pembatasan pemberian hadiah bank kepada nasabah. (ren)

Komisioner Baru LPSK Dipilih Lewat Voting

Posted: 02 Feb 2012 07:45 AM PST

Benny K Harman (Antara/ Yudhi Mahatma)

Koran Baru – Pemilihan anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban hari ini berlangsung alot. Bahkan, Komisi Hukum DPR sampai menggelar pemungutan suara untuk memilih dua nama komisioner LPSK baru.

“Komisi III akan memilih dua dari enam calon anggota LPSK, pemilihan ini akan ditentukan oleh suara terbanyak pertama, dan suara terbanyak kedua,” kata Ketua Komisi Hukum, Benny K Harman di Gedung DPR, Kamis 2 Februari 2012.

Calon anggota LPSK tersebut akan dipilih untuk menjabat selama 1,5 tahun. Keenam calon anggota itu adalah Ade Paul Lukas (advokat), Hotma David Nixon (advokat), Edisius Riyadi Tere (akademisi), Tasman Gultom (advokat), Lily Dorianty Purba (konsultan), serta Ahmad Taufik (advokat dan wartawan).

Komisi Hukum akan mencari dua nama untuk menggantikan dua komisioner Ketut Sudiarsa dan Myra Diarsi yang telah dipecat dari LPSK.

Hingga saat ini, pemilihan suara masih terus berlangsung. (ren)

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Dilema Caceres Pilih Nomor 4 di Juventus

Posted: 02 Feb 2012 07:39 AM PST

Dilema Caceres Pilih Nomor 4 di JuventusIni bukan pertama kalinya Caceres gabung ke Juve.Kamis, 2 Februari 2012, 20:26 WIB Martin Caceres (putih) saat membela Sevilla (REUTERS/Marcelo del Pozo)

VIVAbola - Bek anyar Juventus, Martin Caceres, memilih menggunakan seragam bernomor punggung  4 di klub barunya. Nomor itu sebelumnya pernah digunakan legenda Juve asal Uruguay, Paolo Montero.

“Montero menggunakan nomor ini selama bertahun-tahun. Bagi saya, ini adalah sebuah kebanggaan, tapi pada saat yang sama juga memberikan saya tanggung jawab besar,” kata Caceres seperti dikutip Football Italia.

“Dia membuat banyak penggemar bahagia ketika menggunakan seragam ini. Jadi, saya berharap untuk bisa melakukan hal yang sama. Saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik,” jelas pemain yang juga berasal dari Uruguay tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Caceres gabung ke Juve. Pada musim 2009-10 ia juga sempat dipinjam Juve dari Barcelona. Akan tetapi, Caceres ketika itu tak memiliki masa yang indah di Turin karena terlalu sering cedera.

Kini, Caceres yang bisa bermain di semua posisi di lini belakang, siap memulai lembaran baru bersama Bianconeri. “Posisi tidak penting. Satu-satunya hal yang penting adalah bermain di tim utama. Menurut saya, tidak ada perbedaan antara satu posisi dengan yang lainnya. Tetapi, jika saya harus memilih posisi, pilihan saya adalah bek tengah.”

“Saya sudah pernah bermain di posisi bek kanan, bek kiri dan bek tengah untuk Timnas Uruguay dan semuanya baik-baik saja. Yang paling penting adalah kesempatan untuk bisa bermain,” pungkas Caceres. (ren)

• VIVAbola Loading Klasemen…

Cara Aman Membersihkan Kaca Film Mobil

Posted: 02 Feb 2012 07:36 AM PST

Koran Baru – Kaca film mobil adalah salah satu bagian terpenting yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Jika tidak dirawat dan dijaga dengan benar, kaca film mobil justru bisa buram dan baret. Sehingga dapat mengganggu pandangan saat mengemudi.

General Affair Manager V-Kool Indonesia, Erwin Chusnu Teguh, punya beberapa tips jitu untuk merawat kaca film agar tidak mudah rusak.

Pertama, saat mengelap, jangan menggunakan bahan kimia atau alkohol. Cukup dengan air biasa, karena alkohol dapat merusak lapisan kaca film, menimbulkan buram serta merusak fungsi peredaman panas yang ada di dalam kaca film.

Kedua, pastikan lap yang digunakan dalam keadaan bersih. Jika terdapat kotoran, sangat berpotensi membuat kaca baret. Disarankan untuk menggunakan lap yang berbahan lembut, seperti kenebo.

Ketiga, biasakan mengelap kaca dengan cara searah, dan hindari dengan cara memutar. Karena dapat membuat kaca tergores bila ada kotoran sejenis pasir yang menempel di kaca.

Keempat, sewaktu hujan, segeralah mengelap embun yang ditimbul kaca bagian dalam mobil. Itu dimaksudkan untuk menghindari jamur yang tumbuh di kaca film mobil Anda.

Kelima, perhatikan kotoran yang menempel di sela-sela karet jendela mobil. Kotoran ini sangat berpotensi merusak kaca film mobil karena dapat menimbulkan baret yang cukup parah.

Terakhir, biasakan untuk selalu membersihkan kaca film mobil, minimal 2 kali sekali. Ini dimaksudkan agar kotoran yang ada di kaca tidak menempel terlalu lama. (ren)

Reaktor Nuklir AS Bocor

Posted: 02 Feb 2012 07:33 AM PST

Peta Reaktor Nuklir AS (cbsnews)

VIVAnews – Reaktor nuklir Amerika Serikat di San Onofre, dekat Kota San Diego, ditutup setelah terjadi kebocoran radiasi. Kebocoran tidak terlalu besar. Namun pemerintah setempat takut radiasi dari kebocoran itu membahayakan masyarakat sekitar.

Sebagaimana dilaporkan interaksyon, gas radioaktif keluar dari salah satu pipa reaktor. Peristiwa itu terjadi pada Rabu, 1  Janusarin 2012.

Celakanya, pipa yang bocor itu terletak di bangunan yang tidak kedap udara. Sehingga, radioaktif sangat mungkin lepas ke lingkungan sekitar meski kadarnya diklaim sangat rendah.

“Radioaktif yang lepas itu tidak akan menimbulkan bahaya bagi masyarakat,” kata Komisi Pengaturan Nuklir AS, Victor Driks.

Sementara itu, operator reaktor nuklir California, Southern California Edison Co (SCE), mengatakan sedang menyelidiki penyebab pasti insiden tersebut. Reaktor tidak akan digunakan untuk beberapa hari ke depan.

Untuk perbaikan kerusakan, reaktor akan ditutup sementara. Namun SCE mengatakan pasokan energi tetap aman dan cukup untuk melayani pelanggan. Selama ini, reaktor San Onofre menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 1,4 juta rumah. (ren)

Leave a Reply

Designer: FThemes.com | Converter: Blogger Themes & Blogger Templates
Flippa